Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Pembengkakan yang terjadi di bagian kaki umum terjadi pada wanita hamil. Namun, terkadang kejadian seperti ini sering membuat para wanita jadi merasa takut dan khawatir. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kaki jadi bengkak saat hamil?
Saat hamil, tubuh akan memproduksi dan menahan banyak cairan dari biasanya. Itulah sebabnya, kaki wanita hamil mudah bengkak. Perubahan rahim yang terus membesar juga akan menekan pembuluh darah di bagian kaki sehingga jadi bengkak.
Meski masalah kaki bengkak akan hilang setelah melahirkan, namun beberapa wanita hamil mengaku pembengkakan ini terasa mengganggu. Untuk itu, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan pada kaki ibu hamil:

1. Kompres
Kompres kaki Anda yang bengkak dengan menggunakan air dingin. Cara ini akan membantu merilekskan kaki Anda dan melancarkan peredaran darah pada kaki. Dengan demikian pembengkakan pada kaki bisa berkurang.

2. Posisi duduk
Hindari posisi duduk dengan cara menyilangkan kaki. Usahakan untuk menaikkan kaki saat Anda duduk. Jika memungkinkan, posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Cara duduk yang benar akan membuat peredaran darah pada kaki menjadi lancar.

3. Tidur miring ke kiri
Cara tidur miring ke kiri ini bermanfaat untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah balik di bagian kaki. Jika ingin tidur telentang, ganjal kaki dengan bantal untuk memperlancar aliran darah pada kaki.

4. Olahraga rutin
Melakukan olahraga ringan yang sesuai dengan kondisi ibu hamil juga bisa membantu meringankan bengkak pada kaki. Olahraga yang umumnya dilakukan adalah yoga untuk ibu hamil.

5. Dipijat
Untuk mengurangi pembengkakan pada kaki, Anda bisa memijat kaki yang bengkak secara perlahan. Jika ingin mengunjungi seorang tukang pijat, pilih tempat yang memang khusus untuk pemijatan ibu hamil.
Semoga beberapa cara di atas bisa membantu meringankan bengkak pada kaki Anda. Terus jaga kondisi kesehatan tubuh Anda agar bayi bisa lahir normal dan sehat.